Loading...
Pansus Padagimo Rekomendasikan Bencana Di Sulteng Sebagai Bencana Nasional
 Selasa, 22 Desember 2020

Sumber : Humas dan Protokol DPRD Prov. Sulteng

Jelang akhir tahun 2020, Panitia Khusus  (Pansus) Pandagimo kembali menggelar  rapat evaluasi dan rekomendasi atas kerja Pansus selama ini. Rapat dipimpin langsung  oleh Ketua Pansus Drs H Budi Luhur Larengi dan diikuti  oleh Wakilnya Ir Elisa Bunga Allo MM dan  Sekretaris  Hj Wiwik Jumatul Rofiah S.Ag, MH serta sejumlah anggotanya  masing masing Hidayat Pakamundi SE, Dr Alimuddin Paada MS, Aminullah BK, Sonny Tandra, ST dan Yahdi Basma, turut dihadirkan pula  tenaga ahli Ir Peter Barnabas MT dan Nasrun.

Rapat  digelar di Ruang Baruga DPRD Sulteng pada Selasa (22/12/20) berjalan cukup dinamis, karena poin-poin  yang akan menjadi rekomendasi Pansus di bahas satu persatu dan benar benar didalami sebelum dijadikan rekomendasi akhir.

Antara lain  yang di masukan dalam rekomendasi  adalah, menetapkan kepastian  kepemilikan lahan untuk pembangunan  hunian tetap (Huntap) dalam waktu enam bulan sejak rekomendasi  ditetapkan.Selanjutnya Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN)  Kota Palu melakukan konsolidasi  tanah di Kelurahan Petobo sebagai solusi  penyediaan lahan Huntap  satelit paling lambat waktu enam bulan.

Juga dimasukan, BPN Provinsi Sulteng Sulteng  melakukan penataan  arsip pertanahan dan memastikan  status hukum atas lahan yang musnah  akibat bencana.Namun ditengah  rapat, Alimuddin Paada menyela bahwa untuk memastikan siapa dan  kerja apa perlu dibuat anatomi rekomendasi, misalnya ke presiden, Wapres, KSP, gubernur, walikota hingga pihak BPN kerja apa harus jelas terurai dan sistematis. Akhirnya dan tenaga ahli menyahutinya, bahkan dalam rapat,  Pansus juga  merekomendasikan agar bencana di Sulteng dimasukan dalan Bencana Nasional sehingga bisa  penyelesaiannya di koordinir oleh menteri selevel Menko.  Rapat akhirnya ditutup oleh Ir Elisa Bunga Allo dan isi rekomendasi akan kembali dirapatkan sebelum nantinya akan dibawa ke Paripurna.

HumPro Setwan DPRD Sulteng

Bagikan :
Beri Komentar :