Loading...
Komisi II Gelar Rapat Bersama Mitra
 Jumat, 31 Juli 2020

Sumber : HumPro Setwan DPRD Prov. Sulteng

Menyusul rapat Paripurna  KUA PPAS yang dilaksanakan  beberapa hari lalu, Komisi II DPRD Sulteng yang membidangi ekonomi dan keuangan menggelar rapat bersama dengan  beberapa mitra masing masing  BPKAD dan  Dinas Pendapatan Provinsi Sulteng, khususnya menyangkut realisasi APBD 2020 pada semester I. Rapat yang dipimpin oleh HM  Nur Dg Rahmatu SE, M.Si  dan sejumlah  anggota Komisi II  masing-masing  Drs H Zainal Daud, Yahdi Basma SH, H  Suryanto, Ir Elisa Bunga Allo dan HM Tahir H Siri SE, MH berlangsung cukup  dinamis karena anggota rapat dapat  membedah mengapa  realisasi pendapatan hanya berkisar di 40, 52 persen dan realisasi belanja baru mencapai 27, 38 persen.

Ternyata dari penjelasan Kepala BPKAD Bahran dan Kaban Pendapatan Daerah, Abdul Wahab didapatkan informasi bahwa pada dasarnya jajaran Pemprov Sulteng sudah bekerja maksimal, namun karena sejumlah kendala, COVID 19  dan recofusing serta sejumlah kebijakan dan regulasi lainnya,  realisasi tidak sesuai target.
Oleh karena itu Komisi II meminta agar dengan sisa waktu yang masih tersedia, baik belanja maupun pendapatan dapat digenjot sehingga realisasinya bisa mencapai target,. ''Minimal mendekati targetlah,'' kata Nur Rahmatu.

Sejumlah anggota Komisi juga mempertanyakan beberapa masalah yang terkait dengan tinggi rendahnya anggaran yang di alokasikan pada satu OPD. Misalnya Zainal Daud yang sempat menanyakan  anggaran yang dialokasikan ke Biro Umum Kantor Gubernur Sulteng, demikian pula ke Dinas  Bina Marga, namun begitu mendapat penjelasan dari Kepala BPKAD Bahran  dinilai cukup rasional karena Biro ini membiayai operasional kantor gubernur Sulteng, termasuk biaya listrik dilingkup Kantor Gubernur Sulteng. Demikian pula di sejumlah OPD lainnya. Rapat ini akhirnya ditutup dengan meminta rincian tertulis anggaran dan realisasinya.

Bagikan :
Beri Komentar :
Selamat Ulang Tahun